TELAAH KURIKULUM FISIKA


MATA KULIAH : TELAAH KURIKULUM FISIKA SM

PRODI FISIKA / SEM. V

POKOK-POKOK MATERI

I. KURIKULUM DAN TUJUAN PENDIDIKAN

A. Kurikulum Sebagai Sarana Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan

B. Komponen dan Sistematika Kurikulum

C. Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

II. PERUBAHAN KURIKULUM

A. Dinamika Pengembangan Kurikulum

B. Perlunya Perubahan Paradigma

C. Trend Baru Strategi Pembelajaran

D. Karakteristik Pembelajaran MIPA

E. 5. Matra Pembelajaran & Implikasinya Dalam PBM

F. Prosedur Perubahan Kurikulum dan Beberapa Kesulitan

G. Arah Perkembangan Pembaharuan Kurikulum

III. KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

A. Mengapa KBK

B. Pengertian KBK

C. 4 Komponen KBK

D. Pola Pengembangan KBK

E. Kurikulum Berbasis Sekolah

F. Ciri-ciri KBK

G. Hal-hal Baru dalam KBK

H. Implikasi KBK Terhadap Pembelajaran Di Kelas

IV. BEBERAPA PENGERTIAN DAN ISTILAH DALAM KBK

A. Kompetensi Dasar

B. Hasil Belajar

C. Indikator Hasil Belajar

D. Scope dan Sequence Bahan Pembelajaran

E. Silabus

V. SEKILAS TENTANG KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

A. Kerangka Dasar KTSP

B. Prinsip Pengembangan KTSP

C. Struktur KTSP

D. Perubahan Mendasar yang Terjadi

VI. PENGEMBANGAN SILABUS

A. Rasional

B. pengertian Silabus

C. Tujuan Pengambangan Silabus

D. Komponen-komponen Silabus

E. Format Silabus

VII. PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI

A. Rasional

B. Prasyarat Pembelajaran

C. Pengembangan Manajemen Interaksi Belajar Mengajar

PENGEMBANGAN SILABUS

KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

RASIONAL

Kewenangan pemerintah pusat meliputi :

· Penetapan standar kompetensi siswa dan warga belajar

· Pengaturan kurikulum nasional

· Penilaian hasil belajar secara nasional

· Penyusunan pedoman pelaksanaan

· Penetapan standar materi pelajaran pokok

· Penetapan kalender pendidikan dan jumlah jam belajar efektif setiap tahun

PENGERTIAN SILABUS

Merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar . Silabus berisikan komponen pokok untuk dapat menjawab permasalahan berikut :

  • Kompetensi apa yang akan dikembangkan pada siswa ?
  • Bagaimana cara mengembangkannya ?
  • Bagaimana cara mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dicapai siswa ?

TUJUAN

Untuk membantu para guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam menjabarkan kompetensi dasar menjadi perencanaan belajar mengajar.

SASARAN

  • Guru
  • Kelompok guru mata pelajaran di sekolah
  • Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
  • Dinas Pendidikan

KOMPONEN SILABUS

  1. Kompetensi Dasar
  2. Hasil Belajar
  3. Indikator
  4. Langkah Pembelajaran
  5. Alokasi waktu
  6. Sarana dan Prasarana
  7. Penilaian

Contoh Format Silabus

Silabus

Nama Sekolah : …………………………..

Mata Pelajaran : …………………………..

Kelas : …………………………..

Semester : …………………………..

Standar Kompetensi : ………………………………………………………………….

Kompetensi Dasar: …………………………………………………………………….

Materi Pokok :………………………………………………………………………….

Pengalaman Belajar :

· ………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….

· ………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….

Indikator :

· …………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………

· …………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………….

Penilaian

1. Tertulis

pengetahuan siswa tentang :

· ……………………………………………………………………………………..

· …………………………………………………………………………………….

2. Unjuk Kerja

Ketrampilan siswa :

· ……………………………………………………………………………………..

· …………………………………………………………………………………….

Alokasi Waktu : ……………………………………………Jam Pelajaran

Sumber / Bahan / Alat : ………………………………………………………………….